Skip to main content

Sabang “Ibukota” Pariwisata Indonesia

Sabang Marine Festival "Inspiring Sabang"

Sabang adalah sebuah pulau kecil imut yang terletak di paling ujung barat Indonesia. Sabang memiliki pesona yang begitu menawan. Banyak tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata bahari, pemandian air panas, air terjun, maupun tempat-tempat lainnya yang menyuguhkan pemandangan luar biasa indah, mulai dari sunrise (matahari terbit) hingga sunset (matahari terbenam). Serta beragam pemandangan alam lainnya. Maka, bisa dikatakan Sabang sebagai ibukotanya pariwisata Indonesia karena semuanya lengkap ada disini.

Ibukota Pariwisata?
Sabang memiliki objek wisata yang lengkap dan mudah untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Oleh karena itu bisa dikatakan sebagai "ibukota pariwisata" semuanya lengkap ada di sabang, mau merakasan sensasi wisata bahari? air terjun? pemandian air panas? atau sekedar ingin santai-santai menikmati keindahan alam? Sudah tepat rasanya jika berkunjung kesabang, semuanya bisa dirasakan dengan hanya berkunjung kesabang. Akses untuk kesabang saat ini juga sudah sangat mudah, bisa menempuh lewat jalur laut dan udara. jika mau lewat laut bisa menggunakan kapal cepat atau kapal lambat dari pelabuhan Ulheu-lheu Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan Sabang. Sedangkan lewat jalur udara bisa menggunakan maskapai penerbangan Garuda dengan beberapa rute penerbangan langsung menuju Bandara Maimun Saleh di Cot Ba’u. Untuk pilihan mode trasportasinya nanti tinggal disesuaikan saja dengan kondisi waktu, budget dan fasilitas yang diinginkan.

Sabang memang menjadi primadona untuk tempat wisata bahari, letaknya yang strategis yaitu dikelilingi oleh lautan bebas samudera hindia membuat kondisi air lautnya sangat bersih dan juga biota lautnya yang beraneka ragam. Sabang yang bentuknya kepulauan membuat hampir seluruh pantainya dibaluti oleh pasir warna putih, kecuali pantai yang ada di sepanjang Anoi Itam yang pantainya berpasir hitam bagaikan serbuk-serbuk besi (kata "anoitam" dalam bahasa aceh artinya pasir hitam). Walaupun pasirnya yang berwarna hitam, pantai ini juga menjadi objek wisata yang ramai di kunjungi karena keunikannya. Jika ingin menikmati keinndahan alam bawah laut maka Pantai Gapang, Iboih dan Pulau Rubiah bisa menjadi tempat tujuan karena suasana alam yang masih terjaga membuat tempat ini rekomended buat Snorkling maupun untuk Diving karena menyajikan beragam biota laut mulai dari terumbu karang yang beraneka ragam dan ikan yang memiliki beragam jenis, ukuran dan warna. 

Selain itu, sabang juga memiliki sejumlah pantai dengan pesona indah lainnya. Diantaranya ada Pantai Kasih, Pantai Tapak Gajah, Pantai Sumur Tiga, Arun, dan Pantai Pasir Putih. Pantai-pantai ini sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga, berenang, bakar-bakar ikan, atau sekedar menghabisakan waktu sambil bersantai dengan memancing.

Selanjutnya disabang juga ada "Sabang Marina" yang merupakan spot wisata baru yang bisa dikunjungi, Sabang Marina sendiri adalah nama dari pelabuhan yacht atau tempat bersandarnya kapal-kapal layar. Lokasinya berada di Lhok Wing Gapang. Pepohonan yang hijau dan air laut yang tenang serta dihiasi kicauan burung yang membuat tempat ini sangat nyaman dikunjungi pada pagi hari maupun sore harinya, Tempatnya yang nyaman pengunjung bisa bersantai sambil mencari inspirasi-inspirasi segar, karena suasananya yang damai, jauh dari kebisingan membuat hati menjadi tenang. Selain itu, moment keindahan alam disini sangat menakjubkan jika diabadikan melalui lensa kamera. Mau selfi disini?  bisa dicoba pasti hasilnya dijamin bikin “kepo” atau penasaran teman-teman anda yang belum pernah kesini. Tetapi untuk kesini dibutuhkan waktu  sekitar 15 menit dengan berjalan kaki dari salah satu penginapan yang ada di gapang, karena belum adanya akses jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan bermotor, sehingga hanya bisa ditempuh melalui jalan kaki. nah ini dia viewnya dari sabang Marina :

  View dari Sabang Marina
Setelah puas bersantai-santai di sabang marina, spot yang cukup menarik dan juga lagi ngehits disabang adalah objek wisata Goa Sarang. Salah satu tempat wisata baru yang menyajikan pemandangan bagaikan "raja ampat di papua" luar biasa indah dengan hamparan langit biru yang disusupi oleh butiran-butiran awan yang melayang-layang, serta pinggiran pantai yang membentuk kelokan-kelokan di pelupuk mata. sungguh luar biasa indahnya. sangant recomended untuk dikunjungi. Apalagi dari atas dilengkapi dengan sepasang ayunan yang menghadap kelautan serta ditambah dengan hembusan angin sepoy-sepoy. lagi-lagi sabang adalah surganya pariwisata di Indonesia, maka bisa dikatakan inilah ibukota dari ujung barat Indonesia, melihat keindahannya hanya bisa takjub. Masih ada yang belum percaya? nah ini buktiknya, hehe

View Pemandangan Goa Sarang dari Atas
Setelah puas menikmati pemandangan dari atas, saatnya untuk turun kebawah melihat-lihat Goa Sarang dengan berjalan kaki menuruni jalan setapak yang agak sedikit curam. Tapi jangan khawatir bagi pengunjung yang takut terpleset atau jatuh, karena pengunjung dapat berpegangan pada tali pengaman yang telah disediakan disepanjang jalan turun. sehinga pengunjung bisa lebih aman dalam berjalan. Namun, buat pengunjung yang memiliki jiwa adventure, maka jalan turun tadi bukanlah rintangan yang berat dibandingkan rasa puas yang terbayarkan oleh keindahan Goa Sarang nantiya.

View Goa Sarang- Sabang
Setelah puas melihat-lihat goa sarang dan berbagai tempat wisata lainnya, mungkin badan akan terasa lelah dan pegal-pegal karena tidak terbiasa jalan kaki, maka ada salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk bisa menghilangkan penat atau lelah, lagi-lagi tidak perlu ketempat pijat refleksi karena disabang ada tempat refleksi alami yang dijamin bisa mengembalikan kesegaran tubuh, yaitu cukup berendam di pemandian air panas yang letaknya ada di Jaboi. Pemandian ini merupakan salah satu objek wisata baru yang juga lagi ngehits disabang. mulai dari pagi hingga malam hari selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun warga sabang sendiri. Air yang digunakan untuk mengisi kolam pemandian diambil langsung dari mata air yang ada di gunung berapi Jaboi, sehingga banyak pengunjung yang datang kesini untuk terapi pengobatan maupun sekedar bersantai di pinggir kolam.

Pengunjung di Pemandian Air Panas
Pemandian ini baru memiliki 2 kolam yang diperuntukan untuk kolam dewasa dan kolam anak-anak. Maka tak heran, jika berkunjung kesini dan melihat pinggiran kolamnya selalu penuh, sehingga rencanannya pemandian air panas ini akan ditambah beberapa kolam pemandian dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya. Setelah bersantai dipemandian, Jaboi juga memiliki 2 tempat lainnya yang bisa dikunjungi yaitu Gunung Berapi (Vulcano) dan Taman Pasi Jaboi sebagai tempat bermain anak-anak yang dilengkap beberapa fasilitas permainan anak.


Selain pemandian air panas jaboi, sabang juga memiliki objek wisata air terjun jika pengunjung menginginkan suasana pemandian yang alami dan airnya yang segar. Air Terjun atau yang dalam bahasa englishnya nya Waterfall Letaknya ada di Pria Laot, kalau dari kota bisa ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 20 hingga 30 menit. tergantung dari kecepatan speedometer anda saat melajukan kendaraan. nah, setelah sampai di parkiran kita akan jalan setapak sekitar lebih kurang 10 menit, selama perjalanan nantinya anda akan ditemani dengan suara gemericik air dan rindangnya pepohonan. Kondisinnya yang masih alami membuat airnya terasa dingin dan segar. Khusus buat anak-anak pencita alam jangan lupa main-main kesini. :)

Air Terjun Pria Laot

Inilah sabang dengan beragam tempat wisatanya. Ada satu lagi tempat wisata baru disabang yang bisa dikunjungi, yaitu Putroe Ijo yang letaknya berada pas di pinggir Danau Aneuk Laot. Putroe ijo menyajikan pemandangan alam yang merupakan satu-satunya danau yang ada disabang. Tempat ini pas sekali buat outbond, karena dilengkapi beberapa area outbond seperti area camp dan jembatan tali. Maka sudah pas sekali rasanya jika berkunjung ke Sabang untuk berwisata sesuai namanya SABANG "SAntai BANGet".
Tempat Wisata Putroe Ijo
Selain tempat wisata yang beraneka ragam, masyarakatnya juga beragam jenis etnis, suku, budaya dan adat-istiadatnya baik Aceh, Batak, Padang, Jawa, Tionghoa dan lainya yang berbaur menjadi satu di Sabang. Baca juga Sabang Cerminan Indonesia. Ini membuat kehidupan masyarakatnya saling toleran dan untuk tindak kriminal juga sangat  rendah. Nah, ada yang menarik kalau berbicara masalah tindak kriminal disabang, khususnya masalah curanmor (pencurian sepeda motor). Mungkin kalau di tempat lain jika ditinggal saja kunci motor sebentar baik dalam keadaan mati maupun menyala pasti sudah hilang, tetapi berbeda dengan sabang dijamin tetap aman kok. Cuma untuk keamanan tetap waspada dan berhati-hati ya. Walaupun aman tapi harus tetap dijaga dengan baik jangan sampai nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati. Sebab kalau kata Bang Napi "kejahatan bisa terjadi bukan saja karena ada niat si pelaku, tapi kejahatan juga bisa terjadi karena ada kesempatan. Waspadalah.. waspadalah.. waspadalah!!!":D

Inilah Sabang dengan berbagai tempat wisata dan keunikannya, maka boleh dikatakan Sabang sebagai Ibukotanya Pariwasata Indonesia, mulai dari tempat wisata yang lengkap, latar belakang suku budayanya yang beragam, serta keunikan lainnya sudah bisa mewakili seluruh potensi yang ada di Indonesia. Jadi kalau sudah ke Aceh jangan lupa berkunjung ke Sabang. karena semuanya ada disini. Sudah siap menjelajah Sabang?? :D

Yuuk Visit Sabang :D




Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Lebih Dekat Kegiatan Keprotokolan #1

Ada yang tau gak, sebenarnya apa kegiatan dari keprotokolan? Apa hanya sebatas master of ceremony yang membaca rangkaian kegiatan atau orang-orang yang mengatur tamu undangan di sebuah acara? Untuk lebih jelas, pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi sedikit pengalaman kehumasan di Kementerian Sekretariat Negara khusunya mengenai keprotokolan yang secara langsung pasti bersinggungan dengan kegiatan di ring 1 presiden. Kementerian Sekretariat Negara RI (sumber foto, setkab.go.id) Kegiatan protokol sebenarnya tidak terbatas hanya pada tata tertib acara, tamu undangan dan MC. Tetapi cakupannya lebih luas dan meliputi 3 aspek utama yaitu tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan. Agar lebih resmi, penulis mengutip pengertian keprotokolan dari Undang-undang No. 9 Tahun 2010 Tentang Keprotokolan pada Pasal 1 Ayat (1) yaitu “Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam Acara Kenegaraan atau Acara Resmi yang meliputi Tata Tempat,

Mengenal Awal Mula Masuknya Agama Islam dan Kerajaan di Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Aceh P ermulaan Agama Islam Masuk ke Aceh Di pesisir timur utara pulau sumatera disana berada daerah yang bernama Perlak. Penduduknya telah mempunyai kemajuan-kemajuan, terutama dalam bidang pertanian dan perniagaan. Mereka telah dapat menghasilkan, selain dari pada bahan keperluan sehari-hari seperti padi, tebu, kelapa dan lain-lain dari tanaman muda, mereka telah sanggup pula menghasilkan bahan-bahan perniagaan seperti lada hitam, lada putih, damar, kemenyan, sutera, gading gajah, sumbu badak dan berbagai macam dari penghasilan hutan. Saudagar-saudagar dari daerah lain di kepulauan Indonesia, Siam, Malaka dan lain-lain negeri sering mendatangi untuk membeli hasil-hasil negeri Perlak. Dalam tahun 173 H/800 M datanglah sebuah kapal dari negeri “Atas Angin” (Arab, Baghdad, Parsi, Mesir atau India) ke Pelabuhan mereka yang disebut Bandar Perlak. Anak buah kapal itu sendiri dari para saudagar Muslim, pemimpinnya/nahkodanya bergelar Khalifah. Keadaan penduduk per