Skip to main content

Rekomendasi Kolam Renang di Sekitaran Banda Aceh

Renang adalah aktifitas yang menyenangkan dan membuat tubuh menjadi sehat. Sebagian dari kita mungkin renang telah menjadi sebuah hobi dan olahraga digemari. Selain tidak perlu mengeluarkan tenaga dan keringat yang banyak seperti berlari tetapi renang punya manfaat yang luar biasa baik bagi kesehatan.

Tertarik dan sedang cari kolam renang di sekitaran Banda Aceh? Pada tulisan "Setiap Langkah Membawa Makna" kali ini akan berbagi beberapa kolam renang yang bisa dibilang cukup mudah untuk diakses dan harganya terjangkau.

Disini kita tidak bahas kolam renang yang ada di hotel ya. Sebab, selain tempatnya agak eksklusif, rate biaya masuknya juga lumayan mahal sesuai fasilitasnya.

Langsung saja, berikut beberapa kolam renang yang bisa menjadi referensi anda :

Kolam Renang Raider


Kolam Renang Raider

Sesuai namanya, tempat renang ini milik Kodam Iskandar Muda dari Bataliyon Infantri Raider.

Jangan khawatir, tempat ini terbuka juga bagi masyarakat umum. Untuk menuju lokasinya tidaklah terlalu sulit, terletak di Japakeh, Mata Ie yaitu sebelum masuk ke Gapura Rindam ada persimpangan jalan, belok ke arah kiri lalu tinggal ikuti saja jalannya, kurang lebih 0,5 Km masuk kedalam.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengikuti arahan dari google maps di bawah ini.




Harga tiket masuknya cukup bersahabat. untuk anak-anak sebesar Rp 5000 dan untuk Dewasa Rp. 10.000. Kolam renang Di buka setiap hari mulai pukul 08.30 s.d 18.00 WIB.  Kolam ini hanya TUTUP pada hari Jum'at untuk pembersihan kolam dan hari kamis biasanya digunakan untuk militer.

Kondisi disekitar kolam sangat bersih dan punya fasilitas penunjang seperti ruangan tempat ganti baju, sekaligus tempat bilas (shower), untuk laki-laki ruanganya berada di sebelah kiri pintu masuk dan wanita ada di sebelah kanan. Selain itu ada Tribun Kantin, dan Musholla.

Kolam Renang Raider dari depan
Disini hanya terdapat satu kolam renang dengan panjang 50 meter dan lebar sekitar 25 m. Untuk kedalaman berjenjang, di awal kedalamnya mulai 1,5 m, 2 m dan terakhir 3 meter.

Ada aturan khusus dikolam renang ini, yaitu bagi laki-laki tidak boleh menggunakan baju kaos atau sejenisnya, kecuali memang khusus baju renang.

Kolam Renang Raider (dari Samping
Penulis sangat merekomendasikan waktu untuk berenang alangkah baiknya dipagi hari, saat cuacanya belum terlalu panas atau disore hari setelah ashar atau sekitar jam 4 lewat.


Kolam Renang Mata Ie

Kolam ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita, letaknya memang tidak begitu jauh dari Kolam Raider di Japakeh dan bisa di akses menggunakan transportasi umum Transkutaraja jurusan Mata Ie, haltenya tepat berada didepan pintu masuk kolam.


Harga masuknya lebih murah yaitu satu orang Rp.4000 dan parkir roda dua Rp.1000. Untuk jam operasional sama saja, dibuka sejak pagi dan ditutup paling lama jam 18.00 WIB.

Gapura Kolam MataIe
Disini terdapat 3 kolam, dan siapapun bebas mau mandi di kolam mana saja. Kebiasaan nya kolam pertama dan kedua di awal lebih banyak digunakan oleh ibu-ibu dan anak-anak, karena kolamnya tidak dalam. Dan kolam terakhir di ujung memang diperuntukan bagi yang bisa berenang.

Kedalamannya pun berjenang, mulai dari 0.5 m diawal hinga 2-3 meter (tergantung intesitas kondisi air). Air yang ada dikolam tanpa kaporit, artinya air terus mengalir dan cukup dingin, disebabkan keluar dari mata air pegunungan. Tetapi kondisi saat ini "Sedang Kering", disebabkan  musim kemarau  berkepanjangan dan sama sekali tidak turun hujan.  

Area perkarangan kolam cukup luas, didalamnya terdapat Mesjid dan Kantin. Tetapi, untuk fasilitas penunjang agak minim, seperti ruangan ganti baju dan kamar mandi (toilet) tidak disediakan gratis.

Selain itu, kondisi disekitar kolam terlihat memang belum dibenahi secara serius dan agak kurang terawat. Padahal jika fasilitas dan prasarana dibenahi dan dikelola dengan serius pasti akan menambah kenyamanan serta menarik kunjungan lebih luas lagi.

Secara keseluruhan untuk belajar renang kolam ini sangat rekomended. Salain harganya terjangkau, lingkungan disekitarnya sangat asri karena masih banyak pohon-pohon besar yang menaungi kolam, jadi jangan khawatir kepanasan.

Berhubung kondisi kolam yang lagi kering, penulis sangat menganjurkan untuk beralih ke Kolam Raider di atas.


Kolam Renang Tirta

Terakhir, Ada satu lagi kolam renang yang sangat mudah diakses di Banda Aceh, Tetapi statusnya sedang di renovasi dan ditambah adanya sengketa dengan Kodam Iskandar Muda terkait hak milik penggunaan tanah. Jadi untuk sementara proses pembangunan dihentikan dan sudah di segel oleh PM Angkatan Darat.

Kolam Tirta sedang direnovasi tetapi statusnya kini telah disegel

Padahal lokasi sangat strategis di Kuta Alam dan tidak jauh dari Simpang Lima Banda Aceh atau bersebelahan dengan gedung Koni Aceh.

Berhubung masih direnovasi dan sedang adanya sengketa. Maka kita doakan saja supaya permasalahannya bisa cepat selesai dan pembangunannya tidak berlarut-larut. Tulisan mengenai Kolam tirta nantinya akan di update saat sudah dibuka kembali.

Sekian dulu rekomendasi tempat kali ini, Mengutip kata-kata filosof “Mens sana in corpore sano” yang artinya di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Maka, mari kita mulai gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) dengan memperbanyak aktifitas olahraga dan salah satunya bisa dengan berenang. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah referensi tempat tujuan renang Anda selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Lebih Dekat Kegiatan Keprotokolan #1

Ada yang tau gak, sebenarnya apa kegiatan dari keprotokolan? Apa hanya sebatas master of ceremony yang membaca rangkaian kegiatan atau orang-orang yang mengatur tamu undangan di sebuah acara? Untuk lebih jelas, pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi sedikit pengalaman kehumasan di Kementerian Sekretariat Negara khusunya mengenai keprotokolan yang secara langsung pasti bersinggungan dengan kegiatan di ring 1 presiden. Kementerian Sekretariat Negara RI (sumber foto, setkab.go.id) Kegiatan protokol sebenarnya tidak terbatas hanya pada tata tertib acara, tamu undangan dan MC. Tetapi cakupannya lebih luas dan meliputi 3 aspek utama yaitu tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan. Agar lebih resmi, penulis mengutip pengertian keprotokolan dari Undang-undang No. 9 Tahun 2010 Tentang Keprotokolan pada Pasal 1 Ayat (1) yaitu “Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam Acara Kenegaraan atau Acara Resmi yang meliputi Tata Tempat,

Mengenal Awal Mula Masuknya Agama Islam dan Kerajaan di Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Aceh P ermulaan Agama Islam Masuk ke Aceh Di pesisir timur utara pulau sumatera disana berada daerah yang bernama Perlak. Penduduknya telah mempunyai kemajuan-kemajuan, terutama dalam bidang pertanian dan perniagaan. Mereka telah dapat menghasilkan, selain dari pada bahan keperluan sehari-hari seperti padi, tebu, kelapa dan lain-lain dari tanaman muda, mereka telah sanggup pula menghasilkan bahan-bahan perniagaan seperti lada hitam, lada putih, damar, kemenyan, sutera, gading gajah, sumbu badak dan berbagai macam dari penghasilan hutan. Saudagar-saudagar dari daerah lain di kepulauan Indonesia, Siam, Malaka dan lain-lain negeri sering mendatangi untuk membeli hasil-hasil negeri Perlak. Dalam tahun 173 H/800 M datanglah sebuah kapal dari negeri “Atas Angin” (Arab, Baghdad, Parsi, Mesir atau India) ke Pelabuhan mereka yang disebut Bandar Perlak. Anak buah kapal itu sendiri dari para saudagar Muslim, pemimpinnya/nahkodanya bergelar Khalifah. Keadaan penduduk per