Skip to main content

Menguasai Diri Dan Menciptakan Masa Depan

 

Masa depan adalah suatu pilihan keadaan yang sedang kita ciptakan. Pertama-tama kuasai diri, kemudian ciptakan impian dalam hati dan pikiran. Sesudah itu wujudkan melalui aktivitas dan tindakan.


Finding The Best Of Me

William Ellery Channing mengatakan, “Tiap orang ditakdirkan mempunyai karakter masing-masing, menjadi orang yang tidak mungkin disamai secara tepat oleh orang lain.” Berarti setiap individu memiliki keunikan bakat, karakter, kepribadian dan ketrampilan yang tidak mungkin  sama satu dengan lainnya. Inilah perbedaan universal yang menjadi rahmat bagi masing-masing pribadi.

Ketika memulai perjalanan untuk menemukan yang terbaik dalam diri kita pribadi “finding the best of me”, mungkin kita akan tercengang, terkagum dan bahkan tidak pernah menduga betapa sungguh berharganya kehidupan ini. Betapa banyaknya karunia dalam diri kita yang masih menunggu untuk diasah dan dikembangkan.

Betapa begitu bernilainnya berbagai anugrah berupa “koin-koin” emas terpendam yang selama ini tertutup oleh paradigma berpikir yang salah dalam diri kita.

Betapa pun sulitnya itu, berusalah menemukan keunikan bakat, karakter dan kepribadian kita sendiri. Kalau ingin menguasaidiri dan menciptakan masa depan sendiri berusahalah menemukan yang terbaik dalam diri kita ”finding the best of me”.

Beranilah jujur kepada diri sendiri untuk dapat menemukan “koin-koin” emas terpendam dalam diri. Bagaimana agar dapat mengukur kelebihan dan kekurangan diri kita? Banyak buku-buku yang menawarkan bagaimana caranya melakukan tes mengenai kepribadian, mengetahui karakter pribadi, mengenali bakat dan kekuatan diri. Kita bisa membaca melalui berbagai buku-buku ini. Mempelajari dan berusaha melakukan petualangan ke dalam diri.

Mulailah mengisi hari-hari dengan mengeksplorasi berbagai sisi kekuatan maupun kelemahan dengan ketajaman mata hati. Mungkin saja kita adalah benih baru yang mengandung gaya hidup baru bahkan mempengaruhi gaya kehidupan dunia pada zaman kita. Mungkin saja dalam diri kita ada kekuatan baru yang dapat menciptakan masa depan kita sendiri sesuai dengan zaman kita.

Bertanyalah ke dalam diri sendiri kekuatan apa saja keunggulan apa saja dan keuinikan apa saja yang ada didalam diri kta. Mengenali keunggulan diri memudahkan kita dalam merancang Langkah menuju tangga keberhasilan, Ketika mengembangkan keunggulan dirinya dalam hidup ini.

Menemukan yang terbaik dalam diri sendiri menuntut kita mempererat komunikasi yang jujur dan intensif kedalam hati. Karena hidup akan menjadi lebih hidup kalua kita dapat menemukan apa yang terbaik dalam diri dan menggunakannya dalam kehidupan ini. Dan hdup menjadi sangat membosankan kalau kita hidup dengan tidak memahami kekuatan dan keunggulan dalam diri.

Bahkan lebih menyedihkan lagi kalau kita kurang mengenali diri dan semua potensi yang ada dalam diri. Kalau ingin sukses membangun hubungan dengan orang lain, sebaiknya sukses dulu membangun hubungan hubungan dengan diri sendiri. Sukses dulu dalam memahami diri sendiri, menemukan kekuatan dalam diri sendiri, sehigga dapat menggunakannya dalam membina hubungan dengan orang lain.

 

Buku The Art Of Life Revolution

Berkomunikasi dengan diri dan memahami jati diri memegang peranan penting yang tidak kita sadari didalam kehidupan ini. Tulisan ini berasal dari buku The Art of Life Revolution yang ditulis oleh Eko Jalu Santoso yang membahas lebih lanjut mengenai Perspektif baru memberdayakan kecerdasan emosional dan spiritual dalam mengubah hidup menjadi seseorang pemenang. Buku ini sangat saya rekomendasikan menjadi bahan bacaan kita untuk membangun perspektif dan kerangka berfikir yang memberikan afirmasi positif bagi kehidupan kita.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Lebih Dekat Kegiatan Keprotokolan #1

Ada yang tau gak, sebenarnya apa kegiatan dari keprotokolan? Apa hanya sebatas master of ceremony yang membaca rangkaian kegiatan atau orang-orang yang mengatur tamu undangan di sebuah acara? Untuk lebih jelas, pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi sedikit pengalaman kehumasan di Kementerian Sekretariat Negara khusunya mengenai keprotokolan yang secara langsung pasti bersinggungan dengan kegiatan di ring 1 presiden. Kementerian Sekretariat Negara RI (sumber foto, setkab.go.id) Kegiatan protokol sebenarnya tidak terbatas hanya pada tata tertib acara, tamu undangan dan MC. Tetapi cakupannya lebih luas dan meliputi 3 aspek utama yaitu tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan. Agar lebih resmi, penulis mengutip pengertian keprotokolan dari Undang-undang No. 9 Tahun 2010 Tentang Keprotokolan pada Pasal 1 Ayat (1) yaitu “Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam Acara Kenegaraan atau Acara Resmi yang meliputi Tata Tempat,

Mengenal Awal Mula Masuknya Agama Islam dan Kerajaan di Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Aceh P ermulaan Agama Islam Masuk ke Aceh Di pesisir timur utara pulau sumatera disana berada daerah yang bernama Perlak. Penduduknya telah mempunyai kemajuan-kemajuan, terutama dalam bidang pertanian dan perniagaan. Mereka telah dapat menghasilkan, selain dari pada bahan keperluan sehari-hari seperti padi, tebu, kelapa dan lain-lain dari tanaman muda, mereka telah sanggup pula menghasilkan bahan-bahan perniagaan seperti lada hitam, lada putih, damar, kemenyan, sutera, gading gajah, sumbu badak dan berbagai macam dari penghasilan hutan. Saudagar-saudagar dari daerah lain di kepulauan Indonesia, Siam, Malaka dan lain-lain negeri sering mendatangi untuk membeli hasil-hasil negeri Perlak. Dalam tahun 173 H/800 M datanglah sebuah kapal dari negeri “Atas Angin” (Arab, Baghdad, Parsi, Mesir atau India) ke Pelabuhan mereka yang disebut Bandar Perlak. Anak buah kapal itu sendiri dari para saudagar Muslim, pemimpinnya/nahkodanya bergelar Khalifah. Keadaan penduduk per